Jangan ngaku nggak kenal dengan yang namanya Mitsubishi Lancer Evolution X. Jika Anda penggemar otomotif (baca mobil balap), harus tahu informasi soal sedan sport yang satu ini.
Kini jawara reli tersebut dihadirkan PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)–ATPM Mitsubishi di Indonesia, di The 16th Indonesia International Motor Show (IIMS) 2008, akhir bulan lalu.
KTB sepertinya ingin kembali mengangkat sedan-sedannya. Selama ini Mitsubishi–terutama di Indonesia–memang lebih dikenal dengan jualan commercial car-nya.
Macho, gahar, sangar, galak, entah apa lagi kata yang tepat untuk menggambarkan tampilan Evo Ten, demikian mobil ini kerap disebut. Desainnya memang diciptakan untuk mengakomodasi tujuan utamanya; melaju dengan kecepatan setinggi mungkin.
Hal ini terlihat jelas dari Inverted Slant-nose atau hidung hiu yang menjadi ciri utamanya. Over fender di bagian samping depan dan spoiler di bagian belakang berfungsi untuk mengontrol laju aliran udara (airflow) di atas permukaan kendaraan.
Tampilan balap makin dipertegas dengan grill berbentuk trapesium yang berfungsi sebagai saluran masuk udara intake ke intercooler untuk mendinginkan mesin. Dipadukan dengan engine hood di bagian atas kap mesin yang berfungsi sebagai saluran buang panas mesin sekaligus saluran udara masuk ke turbocharger.
Nah, di bawah kap mesin Evo Ten tetap mengusung mesin berkapasitas 2.0L. Kali ini dilengkapi teknologi DOHC 16 Valve MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Timing Electronic Control) plus Intercooler-turbocharger. Tenaga yang dihasilkan mencapai 291 HP pada 6.500 rpm. Yang bikin ngeri adalah torsi maksimumnya mencapai 366 Nm pada 3500 rpm.
Tak cuma mesin yang hebat. Berbagai teknologi canggih juga dibenamkan di mobil ini. Sistem transmisi menggunakan Twin Clutch Super Shift Transmission 6-speed automated manual transmission. Transmisi ini bisa digunakan dengan tiga model level kecepatan dan respon akselerasi yang berbeda; Normal, Sport dan Super Sport.
Lainnya adalah pemakaian teknologi Super All-Wheel Control (S-AWC). Teknologi ini memungkin mobil bekerja sendiri mengatur beberapa komponen untuk menyesuaikan torsi dan rem pada setiap roda. Selain itu, fitur ini juga bertugas membaca refleksi pengemudi secara intens dan real time.
S-AWC mencakup fitur Sport ABS (Anti-lock Brake System), ASC (Active Stability Control), ACD (Active Center Differential), dan AYC (Active Yaw Control).
Pengen punya? Siap-siaplah merogoh kocek Anda Rp 875 juta (harga on-the-road Jakarta). Tapi untuk mendapatkan sensasi dan fitur secanggih Evo Ten? Worthedlah…
SPESIFIKASI
Mitsubishi Evolution X
Panjang: 4510 mm
Lebar: 1810 mm
Tinggi: 1480 mm
Wheelbase: 2650 mm
Mesin: 4B11 MIVEC with intercooler turbocharger inline 4 cylinder 16 valve DOHC
Kapasitas: 1998 cc
Tenaga: 265 PS @ 6500 rpm
Torsi: 37.3 kgm @ 3500 rpm
Transmisi: Twin clutch SST (6 speed)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar