Kamis, 27 Juni 2013

Manusia Dan Tanggung Jawab



Manusia Dan Tanggung Jawab

Tanggung jawab adalah sifat terpuji yang mendasar dalam diri manusiaTanggung jawab mempunyai kaitan yang sangat erat dengan perasaan.
Yang saya maksud adalah perasaan nuraniDalam wacana keislaman,
tanggung jawab adalah tanggung jawab personal. Seorang muslim tidak akan dibebani tanggung jawab orang lain.
Allah berfirman: "Setiap jiwa adalah barang gadai bagi apa yang ia kerjakan."
Dan setiap pojok dari ruang kehidupan tidak akan lepas dari tanggung jawabDalam wacana keislaman, tanggung jawab adalah tanggung jawab personal.
Seorang muslim tidak akan dibebani tanggung jawab orang lain. Allah berfirman: "Setiap jiwa adalah barang gadai bagi apa yang ia kerjakan." Dan setiap pojok
dari ruang kehidupan tidak akan lepas dari tanggung jawab Seorang muslim tidak boleh melepas tangan (menghindar dari tanggung jawab) dengan beralasan bahwa kesalahan yang ia kerjakan adalah takdir yang ditentukan Allah kepadanya.
 Tanggung jawab tetap harus ditegakkan. Allah hanya menentukan suratan ulisan) tentang apa yang akan dikerjakan manusia berdasarkan keinginan mereka yang merdeka, tidak ada paksaan.
 Dari sinilah manusia dituntut untuk bertanggung jawab terhadap apa yang ia lakukan. Mulai dari hal yang sangat kecil sampai yang paling besar. "Barang siap yang berbuat kebaikan, walau sebesar biji atom, dia akan melihatnya.
 Dan barang siapa yang berbuat kejelekan, walau sebesar biji atom, maka ia akan melihatnya pula" (al Zalzalah 7-8).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar