Minggu, 10 Maret 2013

MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


MANUSIA DAN KEBUDAYAAN


Didalam kehidupan dan keseharian manusia selalu lekat dengan kebudayaan. Bermacam jenis kebudayaan sesuai dimana tempat iya tinggal.Kebudayaan juga didapat dari hasil turun temurun dari nenek moyangnya dulu sampai saat ini. Kebudayaan itu mereka jaga dan lestarikan agar kebudayaan yang mereka punya tidak hilang ditelan oleh zaman yang saat ini, untuk itu kita wajib memperkenalkannya kepada keturunan kita.

 
BAGAN PSIKO SOSIOGRAM

Warna BIRU dan HIJAU disebut sebagai daerah tak sadar dan sub sadar. Tak sadar karena memang sudah tertanam jauh di dalam diri manusia dan tak mampu disadari bahkan oleh manusia itu sendiri. Sub sadar karena sewaktu waktu unsur unsur yang sudah tertanam bisa meledak keluar lagi dan mengganggu kebiasaan sehari hari. 

Warna KUNING disebut kesadaran yang tidak dinyatakan. Maksudnya pikiran pikiran dan gagasan yang ada disimpan sendiri oleh manusia tersebut dan tidak ada seorang lain pun yang dapat mengetahuinya. Warna MERAH disebut kesadaran yang dinyatakan. kebalikan dari nomor 5, ini berarti manusia mengungkapkankepada orang lain apa yang ada di pikirannya seperti perasaan, pengetahuan dan sebagainya.

Warna UNGU VIOLET disebut lingkaran hubungan karib. Di sini manusia memiliki seseorang atau sesuatu yang dianggap bisa menjadi curahan hati dan tempat untuk meminta bantuan. Tidak selalu manusia yang lain juga melainkan benda, atau makhluk hidup lain pun bisa berada pada lingkaran ini. WARNA UNGU TUA disebut lingkaran hubungan berguna. Bisa dianalogikan hubungan antara murid dengan guru, pedagang dan pembeli. 

Warna COKLAT disebut lingkaran hubungan jauh yang berarti pikiran dan gagasan manusia tentang berbagai macam hal. Warna PUTIH disebut lingkungan dunia luar yang berarti tentang pendapat dan pikiran seseorang tentang dunia atau daerah yang belum pernah dikunjungi atau dijumpai. 


TANGGAPAN MENGENAI LUNTURNYA NILAI-NILAI KEBUDAYAAN INDONESIA

Lunturnya nilai nilai kebudayaan Indonesia ini tidakm lain disebabkan oleh kita sendiri,Kebanyakan anak muda jaman sekarang tidak memiliki ketertarikan terhadap budaya bangsa sendiri, mereka lebih menyukai kebudayaan asing yang tersebar melalui pesatnya perkembangan  teknologi di dunia. Itulah salah satu mengapa nilai nilai kebuayaan Indonesia mulai luntur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar